Kamis, 13 Februari 2014

Sejarah singkat Manga atau komik jepang



Manga, yang kadang kala kita sering mengejanya dengan Ma–Nga, merupakan bahasa Jepang yang diartikan dalam bahasa Indonesiasebagai komik. Bangsa Nippon sendiri mengeja Manga dengan Man–Ga atau Ma–Ng–Ga dan arti harfiah dari kata Manga adalah gambar aneh.  Manga di Jepang diawali pada jaman Edo, di mana seorang pemahat kayu dan pelukis bernama Katsushika Hokusai (1760 – 1849), menciptakan istilah Hokusai Manga pada serial sketsanya yang berjumlah 15 volume dan diterbitkan pada tahun 1814. Hokusai itu sendiri berasal dari 2 huruf Cina yang memiliki arti gambar manusia untuk menceritakan sesuatu.

Di akhir abad 18, Kibyoushi, sebagai buku komik pertama yang berisi cerita muncul dengan tatanan gambar yang dikelilingi oleh tulisan (atau tulisan di samping gambar) sebagai narasinya. Manga tidak begitu berkembang hingga Perang Dunia II. Pada awal abad 19, muncul seorang mangaka yang membawa sejarah baru di dunia manga Jepang. Dia adalahOsamu Tezuka (1928-1989), karyanya yang terkenal adalah Tetsuwan Atom (yang di Indonesia dikenal sebagai Astro Boy) dan manganya yang diadaptasi dari novel Treasure Island karya Robert Louis Stevenson meraih nilai penjualan tertinggi nasional karena sukses dijual sebanyak 400.000 eksemplar.

Nah kalau untuk mangan sih gw lebih suka Naruto. Manga yang pertama kali gw baca sih sebenrnya bukan naruto tapi Detective Conan. Tapi karena jarang update jadi lupa dan lebih sering nonton serilanya. hahaha. Naruto booming tuh skitar tahun 2007 pas gw masih SMP. karena banyak temen gw yg baca jadi ikut2an deh. Walapun udah taunya lama. hehe


Tapi gw g suka animenya karena kebanyakan flasback atau masa lalu. itu bikin gw rada males nonton. walapun sebenernya manganya juga sih. Tapi mending lah dari pada serial animenya. hahaha. kalau manganya hanya bagian inti dari ceritanya. Ini kebalikan dari One Piece. hehehe

0 komentar: